Cara Daftar Menjadi Mitra Driver Shopee Express Motor dan Mobil Terbaru, Langsung Aktif

 





Sebuah kesempatan bisa mendapatkan pekerjaan pada masa-masa sulit mecari pekerjaan di masa sekarang ini, seperti menjadi kurir paket dari toko online shop terkenal yakni Shopee. Shopee adalah situs belanja online yang berkantor pusat di singapura yang didirikan pada tahun 2009 oleh forrest li dan jangkauan bisnisnya hingga ke negara indonesia.

Semakin terkenalnya Shopee dengan menyediakan beragam kebutuhan yang dapat dipesan melalui handphone dan barang akan dikirim oleh kurir. Begitupula kurir Shopee Express salah satu armada jasa kurir yang mendapatkan kesempatan mendapatkan orderan pengiriman barang dan paket sampai ke tangan customer.



Mengenal Apa itu Kurir Shopee Express

Shopee Express ialah salah satu jasa pengiriman barang yang ada di indonesia yang disediakan oleh Shopee sendiri. Meskipun kantor pusat Shopee ada di singapura, tetapi jangkauan bisnisnya sampai ke indonesia. Maka tidak heran, melalui layanan ini para pelanggan bisa melakukan pengiriman ke seluruh indonesia hingga ke berbagai mancanegara.

Berbicara perihal tugasnya, sebenarnya tugas menjadi kurir Shopee Express tidak berbeda jauh dengan driver ShopeeFood, yakni mengirim dan mengantar paket atau barang dari para customer di Shopee ke tempat tujuan yang menjadikan Shopee Express sebagai pilihan jasa pengirimannya.


Sistem Kerja dari Shopee Express

Sebelum mencari tahu perihal jadi kurir Shopee Express, maka kamu perlu memahami bagaimana sistem kerja di Shopee itu sendiri. Sistem kerja di Shopee Express ialah selama 6 hari kerja dengan 1 hari libur menggunakan sistem shifting. Jadi, jam kerja tersebut bisa diperbaharui setiap 6 bulan sekali.

Ketika bertugas menjalankan mengantarkan barang, ada beberapa prosedur yang harus diperhatikan diantarannya sebagai berikut:

  • Kurir Shopee Express datang ke kantor sesuai dengan jadwal shift mereka
  • Kurir Shopee Express harus melakukan absensi kehadiran terlebih dahulu
  • Kurir Shopee Express mengambil dokumen pengiriman paket
  • Paket yang akan dikirimkan harus disusun pada kendaraan sesuai dengan data pengiriman dalam dokumen
  • Ketika paket selesai disusun rapi, kurir dapat mulai mengantarkan paket sesuai dengan tujuan yang tertera
  • Selama mengirimkan paket/barang kepada customer, kurir juga bisa sekaligus mengambil paket dari customer jika tidak ada di tempat tujuan.

Paket yang diambil kurir Shopee Xpress sebelum pukul 13.00, maka paket bisa dikirimkan pada hari yang sama. Tetapi, jika paket yang diambil kurir melewati pukul 13.00, barang customer akan dikirimkan pada hari berikutnya.


Persyaratan Menjadi Mitra Kurir Shopee Express

Setelah memiliki bayangan cara sistem kerja sebagai kurir di Shopee Express, maka kini kamu perlu menyiapkan berbagai persyaratan untuk melakukan pendaftaran.

Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi sebagai mitra kurir di Shopee Express diantarannya sebagai berikut:

  • Laki-laki
  • Warga negara indonesia
  • Usia minimal ialah 18 tahun dan usia maksimal ialah 35 tahun
  • Memiliki kendaraan motor/mobil dalam kondisi normal layak jalan
  • Tingkat pendidikan terakhir iala SMA/SMK sederajat
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Memiliki handphone
  • Memahami rute perjalanan
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memiliki SIM yang aktif
  • Memiliki SKCK yang aktif, jikapun belum ada bisa menyusul

Selain persyaratan di atas, ada beberapa kriteria lain yang perlu dipenuhi untuk dapat menjadi mitra kurir di Shopee Express. Persyaratan ini bergantung pada jenis kendaraan yang digunakan dalam mengantarkan paket/barang.

Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mendaftarkan menjadi mitra di Shopee Express diantarannya sebagai berikut:


Mitra Kurir Motor

Jika ingin menjadi mitra kurir kendaraan bermotor, ini persyaratan yang harus dipenuhi diantarannya sebagai berikut:

  • Memiliki SIM C yang masih aktif
  • Memiliki kendaraan motor pribadi
  • Surat domisili RT/RW
  • Dokumen kendaraan lengkap dan aktif yakni STNK
  • Memiliki SKCK yang masih aktif, dapat menyusul kalaupun belum ada
  • Memiliki rekening BCA atau bank lainnya atas nama pribadi
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki nomor handphone yang aktif yang tertaut dengan whatsapp dan email yang aktif.

Mitra Kurir Mobil

Sementara untuk menjadi mitra kurir kendaraan roda empat yakni berikut persyaratan yang harus dipenuhi diantarannya sebagai berikut:

  • Memiliki SIM A yang masih aktif
  • Memiliki kendaraan mobil pribadi
  • Surat domisili RT/RW
  • Dokumen kendaraan yang lengkap dan aktif yakni STNK
  • Memiliki SKCK yang masih aktif, dapat menyusul kalaupun belum ada
  • Memiliki rekening BCA dan bank lainnya atas nama pribadi
  • Sudah memiliki NPWP
  • Memiliki nomor handphone yang aktif yang tertaut dengan whatsapp dan email yang aktif.


Cara Menjadi Mitra Driver Kurir di Shopee Express

Jika kamu sudah melengkapi semua persyaratan yang telah dijelaskan diatas, kamu bisa langsung mencoba cara jadi mitra kurir Shopee Expres berikut ini. Namun perlu diketahui, pendaftaran menjadi kurir Shopee Express tidaklah dipungut biaya sama sekali. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati akan segala akal modus penipuan yang ada yang mengatasnamakan Shopee Express.

Berikut beberapa cara menjadi mitra driver kurir di Shopee Express diantarannya sebagai berikut:

1. Buka Situs Shopee

Cara menjadi mitra driver di Shopee Express yang pertama, yakni mencari link pendaftaran di situs Shopee. Nantinya, kamu bisa memilih link pendaftaran sebagai mitra Shopee Express berdasarkan domisili area tempat tinggal kamu.

Berikut link pendaftaran mitra Shopee Express yang dapat kamu akses diantarannya sebagai berikut:

bit,ly/pendaftaran-mitraspx-jakarta2 dan untuk di luar jabodetabek bit,ly/pendaftaran-mitraspx-nonjabo (note: ganti tanda koma bit dengan titik)


2. Melengkapi Formulir Pendaftaran

Ketika kamu sudah mengakses link pendaftaran sesuai dengan domisili kamu, cara menjadi mitra kurir di Shopee Express selanjutnya ialah melengkapi beberapa data dalam google formulir tersebut.

Ada beberapa informasi yang diminta untuk diisi secara lengkap. Salah satunya yakni memilih jenis kendaraan jika ingin menjadi mitra, baik itu kurir motor maupun kurir mobil.


3. Mengisi Semua Data Diri

Cara menjadi mitra kurir di Shopee Express yang berikutnya, yakni mengisi semua data diri dalam formulir yang telah tersedia.

Mulai dari mengisi nama lengkap sesuai dengan KTP. Kamu juga akan diminta untuk mengisi informasi kontak pribadi yang dapat dihubungi, seperti nomor handphone dengan whatsapp, alamat email, dan nomor telepon lainnya jika ada.


4.  Memasukkan Nomor NPWP

Isi juga kolom nomor NPWP sesuai dengan identitas diri kamu. Tulislah secara lengkap dan jelas sesuai yang tertera pada kartu NPWP, menggunakan tanda titik dan strip.


5. Mengisi Tentang Informasi Rekening Bank

Isi dan masukan informasi rekening bank yang diminta, yakni rekening bank BCA atau bank lainnya atas nama sendiri.


6. Memilih Lokasi Penempatan Kerja

Calon mitra driver kurir di Shopee Express harus memilih lokasi penempatan. Setiap wilayah memiliki area yang berbeda, pilihlah sesuai dengan domisili kamu.


7. Melengkapi Alamat Tempat Tinggal Kamu

Jangan lupa untuk melengkapi alamat tempat tinggal dalam formulir pendaftaran. Mulai dari nama jalan, nama gang, RT/RW, nomor rumah, kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota, hingga provinsi.


8. Mengisi Data Kendaraan

Cara menjadi mitra kurir di Shopee Express selanjutnya dengan mengisi data kendaraan dengan lengkap dan jelas. Dengan cara memasukkan nomor dan masa berlaku SIM, data kendaraan berupa merk motor dan mobil, tahun pembuatan, pajak kendaraan, dan nomor polisi kendaraan.

Masukkan juga informasi kendaraan lain, seperti STNK mulai dari nomor STNK, tanggal masa berlaku STNK, dan tanggal berlaku pajak kendaraan.


9. Melengkapi Pengalaman kerja lain Jika pernah Berpengalaman Bekerja Sebelumnya

Jika kamu punya pengalaman lain, jangan ragu untuk mencantumkannya pada formulir pendaftaran kurir Shopee Express. Dan isi juga informasi mengenai status pernikahan, dan lain sebagainnya.


10. Menunggu Panggilan Undangan Interview dari Shopee

Setelah semua telah persyaratan telah diisi dengan baik, kamu hanya perlu menunggu beberapa waktu untuk panggilan interview. Dan, biasanya pihak Shopee Express akan menghubungi kamu via telepon atau whatsapp. Maka, pastikan informasi kontak yang kamu isi dalam formulir pendaftaran lengkap supaya bisa dihubungi untuk menerima undangan interview.


Lowongan Mitra Driver Kurir di Shopee Express

Ada cara lain untuk mencari lowongan kurir Shopee tanpa melalui formulir diatas, biasanya agen Shopee Express di tiap daerah akan membuka lowongan sendiri. Ada 2 cara untuk mendaftar kerja di agen Shopee Express terdekat di kota kamu secara online ataupun offline diantarannya sebagai berikut:

  • Pertama, kamu datang langsung ke agen Shopee Express/SPX terdekat dan menanyakan apakah mereka sedang membuka lowongan atau tidak. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen lamaran yang sudah disiapkan.
  • Kedua, yakni melalui portal media online, sosial media, dan pencarian di google. Kamu bisa mencari loker kurir Shopee dengan mengetikkan keyword seperti "loker kurir shopee Express terdekt" dan nantinya akan muncul beberapa pilihan situs yang banyak menyediakan lowongan dan pilih lokasi loker yang sesuai dengan domisili kamu.

Disetiap situs akan menyediakan formulir atau nomor kontak yang bisa dihubungi untuk mendaftar menjadi kurir Shopee Express, namun tetap berhati-hati dalam mencari informasi loker kurir di internet agar tidak salah mengirim informasi data diri.


Keuntungan Menjadi Mitra Kurir di Shopee Express

Kurir Shopee Express memang menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilirik oleh pencari kerja di bidang logistik antar mengantar barang/paket. Tentu hal tersebut karena dengan menjadi kurir di Shopee Express, kamu akan mendapatkan keuntungan. Berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan diantarannya sebagai berikut:

  • Gaji sebagai kurir di Shopee Express cukup tinggi jika dibandingkan dengan jasa layanan pengiriman lainnya. Semakin banyak paket yang berhasil dikirim, maka semakin besar gaji yang akan didapat oleh mitra driver
  • Sistem kerjanya sangat transparan
  • Ada bonus insentif yang bisa menambah penghasilan
  • Area kerja tersebar luas di seluruh wilayah indonesia
  • Potensi tersediannya pekerjaan akan selalu ada. Ini karena semakin berkembang, maka semakin banyak orang yang membutuhkan jasa layanan pengiriman barang/paket dan semakin banyak juga pengguna Shopee.



Demikian, cara daftar menjadi mitra driver Shopee Express motor dan mobil yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai kurir di Shopee Express. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Daftar Menjadi Mitra Driver Shopee Express Motor dan Mobil Terbaru, Langsung Aktif"