10 Profesi Pekerjaan yang Cocok untuk Generasi Milenial, Apa Saja?

 

https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-pasangan-orang-orang-wanita-4008714/



Profesi pekerjaan yang cocok untuk generasi milenial berbeda dengan pekerjaan yang kita ketahui selama ini. Pekerjaan yang menerima gaji seperti karyawan kantor atau perlu waktu belajar lama seperti profesi dokter, ilmuwan, dan yang lainnya, menjadi tidak populer. Generasi yang lihai atau ahli dalam memakai gadget dan teknologi ini, lebih sesuai untuk jenis pekerjaan yang sangat berbeda.

Ada beberapa profesi yang sangat cocok untuk generasi milenial lebih sebagai freelancer ataupun kemitraan. Jadi, profesi yang pas dan cocok adalah sebagai pemberi jasa yang berdiri sebagai perusahaan sendiri. Maka dari itu diperlukan CV yang menarik perhatian HRD untuk mendapatkan banyak klien dan menambah daftar panjang pekerjaan yang dilakukan. Dan modal utama bagi mereka adalah resume dan pengalaman kerja yang mengesankan. Jadi mulailah menyusun CV yang menarik dan atraktif untuk menunjang pekerjaan anda.

 

 

Berbagai Profesi Pekerjaan yang Cocok dan Pas Bagi Generasi Milenial

Generasi milenial menginginkan hal berbeda dari generasi sebelumnya, bukan karir berjenjang, jabatan, pangkat, ataupun loyal dengan perusahaan. Milenial lebih mendambakan hidup seimbang antara bersenang-senang dan pekerjaan.

Jadi, pekerjaan yang cocok untuk mereka lebih beragam dan cenderung lebih membangun bisnis sendiri daripada jadi karyawan. Berikut adalah beberapa pilihan yang cocok dan pas.

 

1. Sosial Media Specialist

Profesi pekerjaan yang cocok untuk milenial adalah yang memanfaatkan internet dan teknologi. Mendukung perusahaan baru secara online bisa dilakukan hanya dengan menyewa jasa ahli sosial media. Profesi pekerjaan ini dapat menggantikan peranan marketing, HRD, customer service, dan lain sebagainnya. Selain bisa dilakukan secara remote, profesi pekerjaan ini juga bisa dilakukan tanpa keterikatan dengan satu perusahaan saja.

 

2. Content Creator

Ada banyak profesi pekerjaan yang berkaitan dengan konten, baik itu penulis konten ataupun conten creator atau konten spesialis. Segala sesuatu yang berkaitan dengan isi adalah bagian dari profesi pekerjaan ini. Mulai dari situs, sosial media, mencangkup semua hal berbasis online. Ini adalah pekerjaan yang cocok dan pas untuk milenial yang pengguna sosmed aktif dan paham sekali akan dengan konten yang sedang digandrungi.

 

3. Pebisnis Online

Tidak merasa memiliki keahlian atau kemampuan dengan dasar-dasar teknologi? Kamu bisa memilih untuk menjual produk, bedanya adalah dengan memakai akses online. Membuka toko online, menjual item pakai internet, atau menjualkan barang oranglain dengan secara online. Kamu bisa membangun bisnis secara online bahkan tanpa modal sekalipun.

 

4. Online Marketer

Profesi pekerjaan digital yang cocok dan pas bagi milenial adalah bekerja hanya dengan memakai laptopnya. Pemasaran yang dilakukan secara online bisa mulai dari menentukan produk sampai mengeksportnya maka pembeli yang berminat. Profesi pekerjaan ini juga bisa menargetkan pemasaran retail sampai hitungan grosir dan pesanan besar. Ada banyak produk besar atau kecil yang bisa ditangani oleh seorang online markete atau marketing.

 

5. Desainer Grafis

Ada banyak peluang pekerjaan yang bisa dilakukan profesi ini. Mulai dari membuat ilustrasi, fotografi, tipografi, gerak grafis yang dibutuhkan oleh banyak sektor industri. Kreativitas yang dipadu dengan penguasaan teknologi menjadi pekerjaan ini sesuai bagi para milenial khususnya.

 

6. Menawarkan Jasa Personal

Ada pergantian trend dalam hal pekerjaan dimana profesi tertentu yang akhirnya tergantikan dengan profesi yang baru. Kamu bisa menawarkan berbagai jasa yang berhubungan dengan menyediakan sesuatu yang sulit bagi orang lain. Jasa titipan, personal shopper, make up artist, sampai jasa pembersih rumah yang bisa dipanggil ke rumah. Profesi bagi milenial tidak ada yang terlalu mewah ataupun sepele, semua akan tampak professional dengan kemasan bisnis sendiri.

 

7. Analisis Data

Profesi pekerjaan lain yang cocok dan pas dilakukan secara remote dan pas untuk para milenial adalah sebagai analisis data. Profesi pekerjaan ini bisa mulai dari hal-hal kecil seperti membagikan kuesioner, mereview produk sampai memastikan bisnis memenuhi target usahanya. Pengertian data analisis dapat mendukung berbagai aaspek bisnis untuk bertumbuh dan berkembang.

 

8. Desainer UI/UX

Kebutuhan membuat perusahaan dengan kantor ini beralih ke membuat situs atau aplikasi yang berlaku sebagai basis usaha. Trend ini memberikan peluang yang besar sebagai desainer UI/UX. Banyak perusahaan, baru ataupun lama yang membutuhkan web, situs, atau aplikasi untuk menarik minat pengguna dan pelanggan. Desainer UI menyiapkan tampilan antarmuka yang gampang dipakai dan desainer UX memfokuskan pada pengalaman pemakaian aplikasi, situs, atau aplikasi yang baik.

 

9. Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

Search Engine Optimization atau yang biasa disebut dengan SEO memaksimalkan apapun yang dibuat dalam bentuk website, blog dan bahkan akun sosial lainnya. Ini adalah profesi pekerjaan yang tidak terbayangkan akan ada sebelumnya. Pekerjaan ini sangat luas cangkupannya, mulai dari mengoptimasi situs, mengarahkan trafik untuk mendongkrak usaha sehingga bisa dikenal dengan target pasarnya dan masih banyak lagi.

 

10. Pengembang Web/Aplikasi

Kalau desainer UI/UX mengelola tampilan, lain halnya dengan pengembang web/aplikasi bertanggung jawab pada perangkat dan software yang dibuat untuk membangun sebuah situs atau aplikasi. Sudah pasti, profesi pekerjaan ini sangat dibutuhkan di era digital seperti ini yang dimana pemakaian internet sudah sangat meluas. Generasi milenial bisa menjadi seorang freelancer dan mengerjakan proyek pembuatan situs atau aplikasi untuk perusahaan yang membutuhkannya atau membangun usaha sendiri dan menaungi pada pengembang, designer dan perangkat lainnya.

 

 

Demikian, 10 profesi pekerjaan yang cocok untuk generasi milenial yang bisa kamu coba, Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "10 Profesi Pekerjaan yang Cocok untuk Generasi Milenial, Apa Saja?"